Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Latih Cessna Jatuh di Tasikmalaya, Pilot Kritis

Kompas.com - 18/08/2016, 18:01 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat latih jenis Cessna jatuh di areal pesawahan Desa Kujang, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (18/8/2016) sekitar pukul 15.30 WIB.

Akibat kecelakaan ini, dua orang kritis, termasuk pilot. Keduanya segera dibawa warga ke Puskesmas setempat.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, membenarkan kejadian pesawat jatuh tersebut. Dia mengaku menerima laporan dari aparat desa dan kecamatan setempat bahwa ada pesawat jatuh ke sawah.

"Saya dapat laporan pesawat latih Cessna jatuh ke sawah dari desa. Saya lagi di jalan ke lokasi. Katanya dua pilot kritis," kata Uu, Kamis sore.

Menurut laporan yang diterima, tambah Uu, warga yang sedang berada di areal pesawahan tiba-tiba melihat pesawat berwarna putih melayang jatuh menghantam pohon kelapa.

Setelah menabrak pohon kelapa, pesawat pun jatuh terbanting ke sawah dan mendarat dengan posisi terbalik. Warga langsung menghampiri pesawat naas tersebut dan berupaya menyelamatkan penumpang.

"Awalnya warga ketakutan pesawat meledak. Tapi tak meledak, pilot diselamatkan ramai-ramai," kata Uu.

Sampai sekarang, di lokasi kejadian, bangkai pesawat masih dikerumuni warga karena lokasi kejadian yang tak jauh dari perkampungan.

Petugas polisi dan TNI telah berada di lokasi untuk melakukan langkah selanjutnya. Jenis pesawat dan asalnya sampai sekarang belum diketahui karena seluruh petugas fokus pada evakuasi korban terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com