Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Buron Kelompok Santoso Menyerahkan Diri kepada BIN di Poso

Kompas.com - 05/08/2016, 12:08 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Satu dari 18 orang buron dari kelompok Santoso menyerahkan diri kepada Satuan Tugas Imbangan Intelijen dari Badan Intelijen Negara di Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (5/8/2016) dini hari.

Buron bernama Jumri alias Tamar tersebut menyerah dengan bantuan keluarganya. Jumri merupakan warga Dusun Tamanjeka, Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir.

Ia diantar oleh keluarganya dari Tamanjeka dengan menggunakan sepeda motor pukul 03.50 Wita menuju ke sebuah lokasi di Dusun Ratulene, Poso Pesisir.

Di sana, Jumri bertemu dengan Satgas Intelejen, dipindahkan ke dalam kendaraan dan pergi.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah AKBP Hari Suprapto menyatakan belum dapat memberikan keterangan lebih jauh terkait penyerahan diri Jumri. Hal itu karena Jumri belum diserahkan ke polisi.

Hari mengatakan, keberadaan Jumrin masih dirahasiakan oleh BIN untuk keperluan pendalaman informasi.

"Sampai saat ini pelaku belum ada di tangan polisi. Kalau sudah ada sama kita pasti diinformasikan," kata Hari.

Jumri alias Tamar ada dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak Operasi Tinombala 2016 digelar pada 10 Januari 2016.

Dengan penyerahan diri Jumri, maka sisa DPO jaringan Santoso yang masih dikejar oleh Satgas Tinombala 2016 di Poso tinggal 17 orang.

Tim gabungan TNI-Polri tersebut masih memburu mereka di wilayah hutan pegunungan Poso khususnya di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, dan Poso Pesisir.

Lokasi tersebut diduga menjadi tempat persembunyian para DPO teroris setelah pimpinan mereka, Santoso alias Abu Wardah, tewas dalam baku tembak pada 18 Juli 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com