Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua MUI Palu Imbau Perempuan Bersuami Tak Pamer Foto Diri di Medsos

Kompas.com - 19/07/2016, 06:42 WIB

PALU, KOMPAS.com - Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengimbau kaum muslim wanita yang sudah berstatus istri untuk tidak memajang foto-foto mereka di media sosial.

"Jangan memamerkan foto-foto Anda di media sosial... karena dapat berdampak negatif kepada diri sendiri dan keluarga," kata Ketua MUI Kota Palu Zainal Abidin di Palu, Senin (18/7/2016) seperti dikutip Antara Sulteng.

Ia mempertanyakan untuk apa wanita muslim yang telah menikah memamerkan wajahnya serta sebagian tubuhnya di media sosial karena hal itu lebih berdampak negatif ketimbang positif.

Menurut Zainal, memamerkan wajah bagi wanita muslim yang telah menikah dapat menimbulkan ketersinggungan suami yang kemungkinan berujung pada keretakan hubungan baik dalam rumah tangga. Sebab, memajang foto untuk publik dapat menarik perhatian lelaki lain dengan berbagai macam komentar.

"Saya melihat bahwa perempuan muslim yang sudah berkeluarga justru senang meng-upload foto-fotonya, dan malah lebih senang lagi dia, jika ada orang atau pengguna facebook yang berkomentar dengan kata-kata, misalkan 'bunda cantik'," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa dalam Islam, kecantikan wanita hanya untuk suaminya, bukan untuk orang lain. Wanita berdandan dan bergaya hanya untuk suaminya agar hubungan keluarga lebih membaik, bukan untuk memamerkan kepada orang banyak.

Ia mengakui bahwa saat ini banyak sekali wanita Islam khususnya di Kota Palu dan secara umum di Sulawesi Tengah yang telah menikah, rajin menggunggah foto pribadinya ke medsos.

Ia tidak mempermasalahkan hal itu, asalkan foto tersebut dengan suami atau keluarga dan tidak memamerkan aurat atau hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com