Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilempar dari Luar, Petasan Meledak di Gerbong Kereta Jurusan Solo-Yogyakarta

Kompas.com - 22/06/2016, 09:02 WIB

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Para penumpang kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Solo-Yogyakarta kaget bukan kepalang karena bunyi ledakan petasan di dalam gerbong kereta yang mereka tumpangi, Selasa (21/6/2016).

Nikko Auglandy, salah satu penumpang, mengatakan, saat itu dia beserta istri dan anaknya hendak ke Yogyakarta dan berangkat dari Stasiun Purwosari jam 05.15 WIB.

"Saat hendak memasuki Stasiun Gawok (Sukoharjo), kereta dilempar petasan dan ada petasan yang masuk ke dalam kereta. Semua penumpang kaget saat petasan meledak," ujar pria yang bekerja di Solo dan hendak pulang ke kampung halaman istrinya ini.

Wakil Kepala Stasiun Purwosari, Gunawan Sutrisno, saat dikonfirmasi, mengaku dirinya belum menerima laporan terkait kejadian tersebut.

"Belum ada laporan masuk untuk hari ini, tapi memang selama bulan puasa ini kami beberapa kali menerima laporan dari beberapa penumpang terkait kejadian serupa. Tapi setelah disisir hasilnya nihil," ucapnya.

Namun, pihak stasiun berharap, pihak kepolisian setempat membantu mengamankan ruas rel kereta api di daerah tersebut.

"Kami mohon kepada kepolisian untuk membantu mengawasi daerahnya, karena kalau dari kota sendiri belum bisa menjangkau karena keterbatasan personel," sambungnya.

Sementara itu, Humas Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI), Eko Budianto, mengungkapkan, akan segera menindak laporan tersebut.

"Rata-rata yang melakukan aksi ini adalah anak-anak, terutama saat liburan sekolah seperti puasa ini," ungkapnya.

Selain membahayakan para penumpang dan kereta, aksi iseng ini juga dapat membahayakan oknum itu sendiri.

"Kereta kan melajunya kencang. Jadi kalau ada yang lempar petasan atau batu tapi malah memantul ke dirinya sendiri dan tindakan tersebut bisa dikenai pasal pidana," kata Eko.

Selain di daerah Gatak, menurut Eko, aksi serupa juga kerap terjadi di jembatan Progo, Kabupaten Kulon Progo.

"Kami akan antisipasi dan menghimbau kepada warga sekitar untuk mengawasi anak-anak mereka, supaya menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang khususnya saat mudik lebaran tahun ini," tandasnya.

Berita ini telah tayang di Tribun Jateng, Selasa (21/6/2016), dengan judul: Duarrrr, Petasan Meledak dalam Gerbong Kereta Api Prameks Saat Melaju

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com