Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Lempari RSU Siloam Baubau dengan Telur

Kompas.com - 21/04/2016, 17:25 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com — Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, dilempari telur oleh beberapa orang pengunjuk rasa, Kamis (21/4/2016).

Pengunjuk rasa yang mengatasnamakan Mahasiswa Lintas Gerakan ini menganggap bangunan rumah sakit ini bermasalah, meskipun rumah sakit itu belum beroperasi.

"RSU Siloam tidak memiliki pengolahan limbah cair. Bangunan rumah sakit ini juga telah melanggar Perda tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Baubau," kata ketua aksi, Marsin, Kamis siang.

Menurut Marsin, bangunan RSU Siloam sudah menyalahi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2014 tentang RTRW. Marsin tidak menjelaskan bentuk pelanggaran yang ia maksud.

Ia kecewa karena unjuk rasa telah dilakukan hingga lima kali, tetapi belum mendapatkan kejelasan dari pihak rumah sakit.

Aksi pengunjuk rasa di Jalan Sultan Hasanuddin itu dikawal ketat oleh polisi dan menjadi tontonan para pengguna jalan.

Beberapa kali demonstran berusaha membakar ban di lokasi tersebut, tetapi selalu digagalkan oleh polisi.

Para pengunjuk rasa juga berusaha masuk ke dalam bangunan rumah sakit. Namun, para petugas keamanan rumah sakit menghalau mereka.

Karena kecewa, demonstran melempari bangunan RSU Siloam dengan menggunakan telur ayam. Telur-telur itu mengenai dinding rumah sakit di lantai 1 dan lantai 2.

"Aksi ini akan berhenti bila rumah sakit ini sudah sesuai aturan. Kami ingin kejelasan dari pihak rumah sakit, tetapi belum ada juga sampai sekarang," ujarnya.

Pengelola RSU Siloam Baubau belum memberikan pernyataan terkait tuduhan para mahasiswa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com