Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Lokal Bandung Mau Promosi di Facebook? Ini Syaratnya

Kompas.com - 08/01/2016, 17:05 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terobsesi untuk memasarkan barang lokal khususnya produk Usaha Kecil Menengah (UKM) ke mancanegara.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pria yang akrab disapa Emil ini pun menggagas kerjasama dengan perusahaan sosial media Facebook, Jumat (8/1/2015).

Facebook akan menjadi media promosi gratis produk lokal Bandung agar dikenal masyarakat internasional.

Emil mengatakan bakal mendorong semua produk lokal supaya masuk dalam platform bisnis Facebook dengan nama "Bandung Juara Store" itu.

Namun, kata Emil, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar pelaku UKM bisa ikut promosi. Salah satunya soal sistem pembayaran.

"Mimpi saya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), kalau bisa Bandung Juara Store penetrasinya ke ASEAN. Kalau ke ASEAN levelnya lain lagi harus ada payment system yang harus dipahami juga oleh UKM Bandung," kata Emil.

Dia pun mengaku bakal menyeleksi produk lokal Bandung yang akan masuk laman Facebook untuk kali pertama.

"Facebook nyaranin harus ada training, jadi orang gabung harus lulus dulu dengan sistem ini. Makanya selektif dulu di semester satu ini," ungkap dia.

Bandung Juara Store rencananya bakal diluncurkan pada pertengahan Februari 2016. "Target 300 UKM mana saja yang paling siap. Sehingga mereka bisa jualan di Thailand, Vietnam, dan Singapura. Ini (kerjasama) pertama di Asia Tenggara," kata Emil. 

Baca: Ridwan Kamil Resmi Gandeng Facebook Bikin "Bandung Juara Store"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com