Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Akan Gelar Lomba Adipura Tingkat Kelurahan

Kompas.com - 02/01/2016, 10:59 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung akan menggelar lomba Adipura untuk level kelurahan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan piala Adipura yang diraih Kota Bandung pada akhir 2015 lalu.

"Ini menjadi cara kita mengubah manajemen sehingga bersih dan inisiatif luar biasa. Jadi kota tinggal memanen, karena di kelurahannya sudah bagus-bagus," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Sabtu (2/1/2016).

Emil, sapaan akrabnya, menjelaskan penilaian Adipura tingkat kelurahan sama persis dengan penilaian tingkat nasional. Ada beberapa indikator yang menjadi poin penilaian.

"Kriteria sama persis dengan Adipura. Penilaian ada fasilitas publlik, inisiatif lingkungan, program inovasi. Semua disamain persis sehingga kita tinggal memanen scoring-nya saja," ucapnya.

Selain itu, Emil juga mewajibkan tiap kelurahan memiliki rumah berkebun (green house).

Menurut dia, konsep urban farming bisa menjadi solusi masalah penghijauan di tengah minimnya lahan di perkotaan.

"Sehingga kemana pun kita pergi, kita tidak melihat dinding dan lahan yang kosong. Semuanya pro aktif memanfaatkan untuk yang namanya penghijauan khususnya berkebun," tuturnya.

Emil mencontohkan, Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler menjadi satu wilayah yang dinilai sukses dalam program green house.

Di wilayah itu, setiap warganya aktif menanam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan warga. Hal itu, kata Emil, menjadi bukti bahwa Kota Bandung mampu menjadi produsen.

"Saya bahagia karena setiap bersentuhan dengan alam pasti merasa senang. Nah ini istimewanya bukan karena lihat pohon atau rumput, tetapi kita memanen," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com