Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Melebihi Lebaran Ini Macetnya, Sudah 24 Jam Perjalanan Masih di Brebes"

Kompas.com - 25/12/2015, 09:49 WIB
Kontributor Brebes, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com — Kenaikan volume arus kendaraan pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang tepat pada libur Natal di jalur Pantai Utara (Pantura) Brebes, Jawa Tengah, mengalami kenaikan hingga 200 persen, Jumat (25/12/2015).

Naiknya volume arus kendaraan yang rata-rata berpelat Jakarta ini membuat antrean panjang di sejumlah titik, antara lain di Pintu Keluar Tol Pejagan, Simpang Tiga Pejagan, kompleks oleh-oleh di Wanasari, dan Pasar Brebes.

Salah seorang pemudik dari Jakarta yang menuju Wonogiri, Wawan Supramono (38), mengatakan, kemacetan sudah terjadi sejak Tol Cawang hingga Pejagan, Brebes.

Dia berangkat dari Jakarta, Kamis (24/12/2015) pukul 06.00 WIB, tetapi sudah 24 jam berlalu, dirinya masih di Brebes.

"Melebihi Lebaran ini macetnya, udah 24 jam perjalanan masih di Brebes, ketemu macet lagi," kata Wawan di sela-sela kemacetan di Simpang Pejagan.

Kanit Patroli Satlantas Polres Brebes Iptu Mulyono menjelaskan bahwa pihaknya sudah bekerja ekstra keras untuk mengurai antrean, seperti melakukan penarikan arus arah ke Semarang dari Jakarta dengan contra flow atau pola lajur tiga berbanding satu.

"Kalau penarikan arus, kami lihat dari arah timur (Semarang) dulu. Apabila lengang, langsung di-contra flow. Sementara itu, khusus di Simpang Tiga Pejagan, kendaraan yang akan masuk tol sementara diluruskan ke pantura agar antrean bisa terurai," kata Kanit Patroli.

Aparat kepolisian memprediksi, puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2016 akan terjadi hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com