Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Ganjar Pimpin Apel Kirab Santri Nasional

Kompas.com - 20/10/2015, 10:50 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara kirab Hari Santri Nasional di Kota Semarang, Selasa (20/10/2015) pagi.

Upacara tersebut digelar menyambut rombongan pengawalan bendera kirab santri nasional, yang tiba di Kota Semarang dari Surabaya, Senin malam kemarin.

Upacara tersebut sekaligus melepas rombongan untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Ganjar mengatakan, kirab Hari Santri Nasional merupakan wujud politik yang luar biasa.

Masyarakat perlu diingatkan bahwa pada 22 Oktober, ada sejarah para kiai dan santri mengeluarkan resolusi jihad mendukung NKRI.

Dukungan yang diberikan para kiai, lanjut Ganjar, 100 persen, sebagai wujud nasionalisme berbangsa. Mereka terlibat aktif dalam perjuangan kemerdekaan.

"Ini bukan cerita, bukan sekadar hari, tapi makna sejarah luar biasa. Kiai, santri terlibat dalam penegakan NKRI," kata Ganjar.

Setelah dilepas, rombongan pengawal kirab akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Di Semarang ini, rombongan kirab juga akan berziarah di makam Kiai Saleh Darat di Pemakaman Bergota Semarang.

"Ini (hari santri) perlu dirawat, akan bersatu padu, dalam kondisi kebatinan. Mudah-mudahan bisa menyemangati," lanjut Gubernur.

Kirab diikuti oleh 55 anggota dari kalangan Nahdlatul Ulama. Rombongan menggunakan beberapa bus berangkat dari Surabaya, dan akan tiba di Tugu Proklamasi, Jakarta pada 22 Oktober.

Dalam kirab ini, rombongan membawa bendera Indonesia Merah Putih dan bendera Nahdlatul Ulama, yang diarak sepanjang jalan utama Surabaya-Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com