Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Hadrah Warga Muslim Sambut Peserta Paduan Suara Gerejawi di Ambon

Kompas.com - 02/10/2015, 18:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dari sejumlah kota di Indonesia disambut tarian hadrah dari warga muslim di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon, Maluku, Jumat (2/10/2015) sore. Warga Batu Merah juga melilitkan kain gandong kepada sejumlah peserta sebagai simbol persaudaraan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kehidupan persaudaraan antarumat beragama di Kota Ambon seperti ini,” kata Ahmad, salah satu warga yang ikut menyambut para peserta Pesparawi. 

Menurut dia, sambutan ini merupakan ungkapan persaudaraan seperti yang pernah ditunjukkan warga Kristen Ambon saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran pada 2012. Saat itu, kata dia, warga Kristen berpartisipasi aktif mendukung kegiatan.

Tarian Hadrah berasal dari Persia. Para penari menari sambil menabuh rebana kecil yang mereka bawa di tangan mereka. 

Ribuan warga, lelaki, perempuan, juga anak-anak, berdiri di jalan sambil melambaikan tangan kepada para peserta yang melintas di perkampungan muslim tersebut. Semua warga Batu Merah mengenakan kopiah dan baju koko serba putih.

Sejumlah warga terlihat menghampiri para peserta Pesparawi dan menjabat tangan dengan senyum mengembang.  

“Ini sambutan yang sangat luar biasa sekali. Kami disambut dengan penuh persaudaraan,” kata Wati, salah seorang peserta dari kointingen Yogyakarta kepada wartawan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com