Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Yogyakarta Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Merapi

Kompas.com - 25/09/2015, 22:09 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gempa 4,6 SR yang mengguncang Yogyakarta pada sekitar pukul 20.34 WIB tidak memengaruhi aktivitas Gunung Merapi yang statusnya tetap aktif normal.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta I Gusti Made Agung Nandaka saat dihubungi Kompas.com mengatakan, gempa yang terjadi tadi tidak sampai memengaruhi aktivitas gunung berapi paling aktif itu.

"Masih landai, sampai saat ini belum kelihatan terpengaruh," kata I Gusti Made Agung Nandaka. 

Ia menuturkan, pasca-gempa, data kegempaan dan visual tidak menunjukkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi. Dengan demikian, dia meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir. "Saya rasa tidak perlu khawatir. Status Merapi masih aktif normal," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, guncangan gempa dirasakan cukup kuat sehingga sempat membuat warga keluar rumah. Berdasarkan data BMKG, gempa tersebut berkekuatan 4,6 SR. Pusat gempa berada di 12 kilometer sebelah barat laut Gunung Kidul dengan kedalaman 10 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com