Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Aher dan Rombongan Aman Saat Berada di Mina

Kompas.com - 24/09/2015, 18:58 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta rombongan dipastikan baik-baik saja dari musibah yang terjadi di Mina. Hal ini diungkapkan Sekretaris Pribadi Gubernur Jawa Barat Ade Sukalsah.

"Pak Gubernur dan rombongan aman," kata Ade dalam pesan singkat yang dikirim Ade Sukalsah dari Arafah, Kamis, (24/9/2015) petang ini.

Menurut Ade, Aher dan istrinya, Netty Heryawan, dan puluhan ribu rombongan lain sudah selesai melakukan ritual lempar jumrah. "Pak Gub dan rombongan sudah melakukan lempar jumrah," kata dia.

Namun, kata Ade, pihaknya masih belum menginformasikan data yang lebih valid terkait apakah ada anggota rombongannya yang tewas dari jumlah 453 orang yang tewas dalam peristiwa itu.

"Kami sekarang ada di tenda yang dikarantina, sehingga belum ada informasi lanjutan yang lebih valid. Kami masih menunggu info resminya," kata Ade.

Keberangkatan Aher ke tanah suci selaku pimpinan haji yang mengawal 31.000 anggota jemaah haji 2015 asal Jawa Barat. Meski hampir delapan tahun menjabat sebagai gubernur Jawa Barat, Aher baru kali ini menjadi amirul

Musibah itu sendiri terjadi di Jalan 204. Jalan ini merupakan salah satu dari dua jalan utama menuju kamp di Mina, tempat para peziarah melempar jumrah. Jalan ini bukan merupakan yang biasa dilalui jamaah haji asal Indonesia.

Jemaah haji berada di Mina untuk menjalani rangkaian prosesi haji melempar jumrah. Prosesi ini merupakan bagian akhir dari rangkaian kegiatan haji, setelah puncak haji berlangsung kemarin, saat menjalankan wukuf di Arafah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com