Jusuf Kalla Diangkat Jadi Anggota Kehormatan Paguyuban Pasundan

Kompas.com - 21/08/2015, 15:10 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Icha RastikaWakil Presiden Jusuf Kalla.
|
EditorCaroline Damanik
BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla diangkat menjadi anggota kehormatan Paguyuban Pasundan dalam Kongres Paguyuban Pasundan ke-42 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/8/2015). Di atas panggung, Kalla dipakaikan jas bertuliskan 'Paguyuban Pasundan'.

"Bagi kami, Bapak (Jusuf Kalla) sudah tidak asing lagi karena sudah sering kali menghadiri di setiap acara Paguyuban Pasundan, setiap diundang ke acara Paguyuban Pasundan bapak tidak pernah menolak," ungkap Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi di sela pemberian gelar anggota kehormatan Paguyuban Pasundan.

Kalla mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa bahagianya atas pengangkatan dirinya menjadi anggota kehormatan Paguyuban Pasundan.

"Terima kasih atas penghormatan mengangkat saya sebagai anggota kehormatan. Saya sangat senang. Ini menandakan kedekatan suku Sunda dan Bugis sudah terjalin sejak lama. Insya Allah saya akan selalu bersama Anda semua bersama-sama untuk memajukan bangsa. Selamat melaksanakan kongres," kata Kalla.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pendirian organisasi Paguyuban Pasundan sejak 20 Juli 1913 silam tak terlepas dari eratnya hubungan antara suku Sunda dan Bugis.

"Hal yang membanggakan betapa eratnya orang Sunda dan orang Bugis adalah sebuah fakta bahwa pendirian organisasi Paguyuban Pasundan sejak 102 tahun silam lalu dilakukan di rumah Daeng Kangguruan Adiwinata. Sekalipun (dia) berdarah Bugis, namun ada Adiwinatanya, pasti ada unsur Sundanya. Jadi dia adalah gabungan Sunda dan Bugis. Mudah-mudahan Sunda dan Bugis semakin erat ke depannya," ujar Aher.

Aher menambahkan, organisasi Paguyuban Pasundan adalah sebuah organisasi orang Sunda tertua di Indonesia yang bergerak bersama komponen bangsa lainnya dalam naungan Bhineka Tunggal Ika untuk memajukan negara ini.

"Kami bersama-sama mengatasi berbagai persoalan, dalam bidang, pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Kami terus bersama-sama ikut menjadikan Indonesia semakin maju," pungkas Aher.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X