Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera “Benang Raja” RMS Berkibar Saat HUT RI di Pulau Haruku

Kompas.com - 18/08/2015, 10:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-70 Indonesia di salah satu desa di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, dinodai dengan pengibaran bendera Republik Mauku Selatan (RMS).

Bendera “Benang Raja” itu dikibaran di hutan desa bersamaan dengan dilaksanakannya upacara HUT kemerdekaan di kecamatan tersebut.

Namun, hingga kini, belum diketahui siapa pelaku pengibaran bendera separatis itu. Saat ini, bendera tersebut telah diamankan aparat Babinsa. Kepala Polsek Pulau Haruku Iptu Pedy Latuconsina yang dihubungi dari Ambon, Selasa (18/8/2015) membenarkan adanya insiden itu.

“Benar ada pengibaran bendera RMS kemarin, lokasinya itu di hutan desa. Bendera yang dikibarkan itu panjangnya sekitar satu meter dan lebar 60 centimeter,” kata dia.

Dia menerangkan, bendera tersebut langsung diamankan anggota Babinsa setempat dan lalu dibawa ke Markas Kodam XVI Pattimura. Pasca kejadian itu aparat polisi dan anggota koramil langsung turun ke lokasi.

“Kita langsung melakukan penyelidikan atas insiden itu. kita heran kok bisa seperti itu padahal warga di desa itu sudah sangat mencintai Indonesia,” kata Pedy.

Pedy mengatakan, pelaku pengibaran bendera itu kini masih diusut. “Saat ini polisi dan petugas Koramil masih berada di desa itu. Desa itu kan selama ini aman-aman saja jadi saya kira ini ada tujuan tertentu yang sengaja dilakukan pihak tidak bertanggung jawab,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com