Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut HUT RI, Polres Siantar Gelar Lomba Olah TKP

Kompas.com - 13/08/2015, 17:13 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Kemerdekaan RI, Polres Pematangsiantar membuat kegiatan unik sekaligus mendidik, yakni lomba olah tempat kejadian perkara (TKP) di Mapolres Jalan Sudirman, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Kamis (13/8/2015).

Para peserta lomba ini adalah polsek se-jajaran Polres Pematangsiantar, yakni Polsek Siantar Barat, Polsek Siantar Marihat, Polsek Siantar Martoba, Polsek Siantar Timur, Polsek Siantar Selatan dan Polsek Siantar Utara. Masing-masing polsek mengirimkan 5 personel dan mereka dibekali tool kit atau kotak perlengkapan alat olah TKP.

Dalam kegiatan perlombaan olah TKP tersebut, bertindak sebagai tim penilai Waka Polres Pematangsiantar, Kompol M Raisa Mustario didampingi Kabag Ops, AKP Faidil Zikri. Sedangkan panitia pelaksana dikoordinir Kasat Reskrim AKP Arnol Julius Simanjuntak.

Adapun bentuk lomba berupa, mulai dari penerimaan laporan kejadian, sterilisasi lokasi kejadian, pemasangan police line dan pengumpulan alat bukti yang ada di TKP tindak pidana pencurian, kekerasan dan pembunuhan.

"Kita melakukan lomba guna meningkatkan profesionalisme petugas dalam melaksanakan tugasnya serta menyambut HUT ke-70 RI,” kata Kompol M Raisa Mustario.

Menurut Waka Polres, dalam lomba, setiap petugas yang dilibatkan menangani olah TKP sebuah kejadian harus cermat dan jeli dalam menyisir. Selanjutnya, petugas identifikasi akan mengambil sampel seperti foto, barang bukti dan sidik jari korban tindak pidana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com