Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Bisa Shalat Jumat Bareng Kepala Negara Peserta KAA

Kompas.com - 24/03/2015, 05:02 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan "Emil" Kamil, menjamin semua orang, termasuk warga Kota Bandung, bisa melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya Bandung bersama para kepala negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

Seperti diketahui, dalam agenda kegiatan perhelatan internasional yang dilakukan pada tanggal 24 April 2015 mendatang ini, para kepala negara undangan yang beragama Islam akan melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya Bandung atau yang dulu bernama Masjid Agung Bandung.

"Nanti warga boleh shalat disana (Masjid Raya Bandung)," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (23/3/2015).

Kendati demikian, Emil mengatakan bahwa ada pemeriksaan keamanan di areal masjid.

"Sebelum masuk masjid akan melewati metal detektor dulu," aku Emil.

Selain itu, demi menjaga prosedur keamanan para kepala negara dan tamu undangan, para warga biasa akan menempati tempat terpisah. "Ada jarak antara warga ke tamu VIP. Akan ada pengamanan dari tim keamanan muslim yang membentuk barisan di antara warga dan kepala negara," jelasnya.

Emil berharap, warga dan jamaah shalat Jumat lainnya bisa memaklumi prosedur keamanan yang telah ditetapkan ini. "Kami ingin mengedepankan faktor keamanan tanpa mengurangi hak beribadah setiap manusia," imbuhnya.

Selama pemimpin negara muslim shalat Jumat di Masjid Raya Bandung, lanjut Emil, para kepala negara dan tamu undangan non muslim akan menunggu di Gedung Merdeka sambil diberikan hiburan yang telah disiapkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com