Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Pilih Akik Baturaja Biru Jadi Cendera Mata KAA

Kompas.com - 20/03/2015, 19:29 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah memilih cendera mata untuk para kepala negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA). Cendera mata itu berupa cincin batu akik jenis baturaja biru atau spiritus baturaja.

Sesuai namanya, batu akik jenis ini berasal dari kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

"Sudah ada. Kurang lebih seperti ini, dari Baturaja," kata Emil sambil memamerkan contoh cincin batu akik Baturaja biru di tangannya, Jumat (20/3/2015).

Meski telah memilih akik dari batu jenis chalcedony itu, Emil mengaku masih merancang cincin atau ikat emban batu akik.

"Desain batangnya belum. Pengerajinnya orang Bandung," ujarnya.

Soal jumlah, Emil belum mau menyebutkan. Namun yang pasti, kata dia, jumlahnya tidak kurang dari jumlah undangan perhelatan akbar tersebut.

Akik spiritus baturaja untuk cendera mata para kepala negara peserta peringatan 60 tahun KAA ini disediakan oleh galeri batu akik Gading Mas Gemstone milik pria bernama Zoem Putra Gading. Saat dihubungi melalui ponselnya, Zoem membenarkan hal tersebut.

Pria yang kerap dipanggil "Pangeran Biru" dari Baturaja ini mengaku siap menyediakan berapa pun jumlah pesanan yang diminta. "Saya sudah siap. Saya mau produksi dulu sekalian mau kasih master desain untuk ring peraknya (cincin)," tuturnya.

Ada beberapa warna biru batu akik yang disiapkan, di antaranya biru langit, biru spiritus, biru tinta dan biru zoem. Warna biru yang terakhir ini adalah warna biru spesial yang disesuaikan dengan namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com