Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Ini Unggah Foto Akta Cerai Suaminya di Facebook

Kompas.com - 18/03/2015, 10:27 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Bupati Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, Christiany Eugenia Tetty Paruntu, mengunggah akta perceraian suaminya di grup jejaring sosial Facebook Pikiran Rakyat Minsel.

Kutipan akta perceraian itu menyebutkan bahwa suaminya, Kristovorus Deky Palinggi, telah bercerai dengan Hilda Sintje Wondal, dengan nomor register 7171CPC201200072 tanggal 30 Maret 2012, sebagaimana putusan Pengadilan Negeri Manado, Nomor 158/PDT.G/2011.PN.MDO, tanggal 31 Januari 2012.

Saat diakses Kompas.com, Rabu (18/3/2015), foto tersebut masih ada dan menuai beragam komentar. Paruntu juga menyertai foto itu dengan kalimat, "NP: segala fitnahmu tentang keluarga kami, ini saya jawab."

Saat dikonfirmasi langsung, Paruntu tidak memberikan jawaban. Posting-an tersebut diduga merupakan tanggapan dia atas berbagai kritikan bahkan hujatan yang dialamatkan kepadanya baik sebagai Bupati maupun secara pribadi.

Paruntu menjadi Bupati Minahasa Selatan sewaktu kabupaten ini menggelar pilkada pada tahun 2010. Bersama Sonny Tandayu mereka memimpin Minahasa Selatan. Paruntu sebelumnya dikabarkan telah mempunyai seorang putra. Dia kemudian menikah dengan Palinggi yang adalah anggota Polri di Polda Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Palinggi juga telah menikah. Kini, Palinggi menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Sulut. Dalam grup Facebook itu, ikut diunggah pula akta pernikahan sang Bupati dengan Palinggi.

Di mata warga Minahasa Selatan, Paruntu dianggap berhasil memajukan kabupaten itu. Dia juga dianggap memiliki wajah yang sangat cantik. Namun, tidak sedikit pula yang mengkritik kepemimpinan Paruntu sebagai Bupati.

Pada akhir tahun 2015 ini, Minahasa Selatan akan menggelar pilkada. Berbagai calon mulai diembuskan oleh para pendukungnya, termasuk Paruntu, yang didukung banyak kalangan di Minahasa Selatan untuk ikut kembali dalam pilkada.

Paruntu pernah bersekolah di Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington, Nottingham, Inggris. Ia kuliah di Pitman College pada 1984 dan mengambil jurusan Bisnis Manajemen. Ia juga adalah seorang pengusaha dengan berbagai jenis bisnis yang dikelolanya.

Perkawinan antara Paruntu dan Palinggi sempat ramai dibicarakan warga Sulut. Sebab, mereka dikabarkan menikah di Israel. Namun, dalam akta pernikahan yang diunggah Paruntu, mereka tercatat menikah di Jakarta pada 8 September 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com