Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengacara: Mary Jane Bersedia Bawa Koper 2,6 Kg Heroin karena Dijanjikan Pekerjaan

Kompas.com - 03/03/2015, 22:45 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dari data diri yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Marliyus dalam persidangan permohonan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Sleman, Mary Jane Fiesta Veloso, pembawa heroin 2,6 kilogram, merupakan lulusan pendidikan setara SMP. Mary Jane juga berprofesi sebagai pembantu rumah tangga di Filipina sebelum keberangkatannya ke Indonesia.

"Nama Mary Jane Fiesta Veloso, tanggal lahir 30 januari 1985," ucap Ketua Majelis Hakim Marliyus pada awal persidangan, Selasa (3/3/2015).

Sementara itu, dalam permohonan PK yang dibacakan oleh ketua tim penasihat hukum, Agus Salim, disampaikan kronologi dari awal keberangkatan Mary Jane hingga tiba di Yogyakarta dan diamankan oleh petugas Bea Cukai Bandara.

"Awalnya, Mary Jane bertemu dengan seseorang bernama Christine," kata Agus memulai cerita.

Dalam pertemuan di Malaysia itu, Christine meminta agar Mary Jane membawakan sebuah koper ke Yogyakarta. Jika Mary Jane bersedia, dia akan dijanjikan pekerjaan di Indonesia.

"Christine juga memberikan sejumlah uang untuk biaya di Indonesia. Jumlahnya 500 dollar AS. Biaya tiket juga sudah dibayar oleh Christine," katanya.

Dijanjikan pekerjaan, Mary Jane lantas terbang ke Indonesia. Setibanya di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan akan melewati X-Ray detector, petugas mencurigai isi koper. Saat diperiksa, ternyata koper berisi heroin seberat 2,6 kg yang terbungkus plastik.

Seusai disidik di Polda DIY, Mary Jane menjalani persidangan pada April 2010 lalu. Di PN Sleman, Mary Jane divonis hukuman mati karena terbukti melanggar Pasal 114 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. [Baca juga: "Terdakwa Hanya Diam Tak Mengerti, Tiba-tiba Dijatuhi Hukuman Mati"]

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com