Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies dan Slogan "Berangkat Sekolah Senang, Pulang Tidak Senang"

Kompas.com - 26/02/2015, 14:45 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com -
Saat berkunjung ke Solo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengajak sekolah untuk menerapkan slogan "Berangkat sekolah senang, pulang tidak senang" untuk para siswa. Artinya, lanjut Anies, sekolah diminta menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa saat belajar di sekolah sehingga dia merasa "berat hati" untuk pulang.

Anies mengandaikan sekolah ada seperti taman yang membuat anak anak betah dan merasa gembira. Anies Baswedan saat berkunjung di beberapa sekolah di Kota Solo, mengajak para guru untuk menciptakan sekolah seperti taman bagi anak anak didik.

Hal tersebut diungkapkan Anies saat berkunjung di SD Negeri Dukuhan, Kertan, di Jalan Ahmad Yani, Solo. DIhadapan para guru, Anies melontarkan kembali ide yang pernah diwujudkan oleh Ki Hajar Dewantara tersebut.

"Di SD ini basic pendidikan dan konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah taman. Taman itu tempat yang menyenangkan dimana anak anak datang ke taman senang namun ketika pulang tidak senang," katanya, Kamis (26/2/2015).

Anies juga merasa prihatin bahwa saat ini konsep taman tersebut sudah hilang, dan banyak anak anak berangkat sekolah dengan berat hati namun saat pulang senang sekali.

"Saat ini justru terbalik, berangkat sekolah berat hati, saat pulang malah senang," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies disuguhi keterampilan siswa SD Dukuhan bermain gamelan dan bernyanyi gending Suwe Ora Jamu. Anies pun tak sungkan bernyanyi bersama pada siswa. Anies pun fasih menyanyikan gending jawa tersebut.

Menurut agenda, Anies juga akan mengunjungi beberapa sekolah di Solo dan terakhir akan mendatangi Museum Purbakala di Sangiran, Sragen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com