Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltara Diterjang Banjir, Warga Mulai Dievakuasi

Kompas.com - 11/02/2015, 20:52 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Air Sungai Kayan di pedalaman Kalimantan Utara (Kaltara) meluap, Rabu (11/2/2015). Luapan air sungai tersebut mengakibatkan banjir besar dan merendam hampir semua daerah di Kaltara. Bahkan, pusat pemerintahan kota di Provinsi Kaltara juga ikut terendam banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Diketahui, banjir terparah berada di Kecamatan Teso, Kaltara. Di derah tersebut, rumah-rumah warga sudah hampir tenggelam. Mukhsin, salah satu warga Teso mengatakan, banjir di daerahnya sangat tinggi. Semua warga Teso sudah mengungsi ke lokasi yang aman dari banjir. Namun ada juga warga yang memilih bertahan di rumahnya, terutama yang memiliki rumah dua lantai.

“Warga yang rumahnya tidak bertingkat, pasti dievakusi karena air sudah masuk dalam. Sementara warga yang punya rumah bertingkat, masih ada yang bertahan di rumahnya. Saya memilih dievakuasi karena kondisi air terus meninggi,” katanya, Rabu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Kaltara Haryanto mengatakan, banjir yang melanda Kaltara sudah merata. Bahkan, Kabupaten Bulungan di Kaltara telah ditetapkan sebagai tanggap darurat banjir.

“Banjir ini sudah sampai ke Tanjung Selor dan Bulungan. Ini sudah tanggap darurat, ya, karena kondisi air sudah merata ke mana-mana,” ungkapnya.

Sampai saat ini, kata dia, BPBD terus melakukan proses evakuasi warga.

“Kami terus melakukan pendataan korban dan melakukan evakuasi warga. Karena air terus meninggi, dan kami juga sudah mengupayakan bantuan untuk semua korban banjir," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com