Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Penuhi Janjinya Membangun Pasar di Papua

Kompas.com - 27/12/2014, 19:39 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memenuhi janjinya kepada warga Papua untuk membangun sejumlah pasar di provinsi ini.

Pada Sabtu (27/12/14), Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan pasar Pharaa, Sentani, Jayapura, Papua. Pasar seluas kurang lebih 48.339 meter persegi ini akan dilengkapi dengan rumah keluarga sejahtera (rumah sehat) dan rumah anak harapan (rumah pintar).

"Saya datang ke Papua untuk memenuhi janji saya untuk membangun pasar di Sentani dan di Jayapura. Perlu diingat, pasar ini diberikan gratis kepada pedagang, tidak ada yang bayar. Jadi hati-hati, kalau ada yang bayar, laporkan kepada saya," tegas Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menambahkan, pembangunan pasar Pharaa akan membutuhkan waktu sekitar setahun lamanya.

"Jadi, tahun baru 2016, saya akan ke Papua lagi untuk meresmikan pasar ini," ujar Jokowi dan langsung disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Selain pasar Pharaa, Jokowi juga mulai membangun pasar Mama-mama di Jayapura dan pasar Bhuyaka di Sentani. Dipilihnya pasar untuk para mama ini, menurut Jokowi, karena wanita Papua masih mempunyai pola hidup memetik dan berburu yang kemudian dijual ke pasar. Mama-mama di Papua kerap menjadi satu-satunya anggota keluarga pencari nafkah dan seringkali tidak memiliki keterampilan yang cukup.

Kehadiran Presiden Jokowi di Sentani disambut gembira masyarakat daerah itu. Dalam kesempatan itu, Presiden juga berkunjung ke salah satu pesantren di Jayapura dan bertemu dengan para relawan yang memenangkan suara di Papua pada Pilpres lalu. Malam harinya, Presiden Jokowi menghadiri Perayaan Natal Bersama di Stadion Mandala Jayapura.

Laporan wartawan Sonora, Lilik Setyowibowo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com