Imigrasi Palu Deportasi Lima Warga Tiongkok

Kompas.com - 08/12/2014, 10:40 WIB
EditorGlori K. Wadrianto
PALU, KOMPAS.com - Imigrasi Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya mendeportasi lima warga Tiongkok karena terbukti melanggar Undang-Undang Keimigrasian. "Mereka sudah kami pulangkan ke negara asalnya pada hari Sabtu," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi pada Kantor Imigrasi Palu, Amar B, Senin (8/12/2014).

Amar mengatakan, kelima warga Tiongkok yang telah dipulangkan itu adalah Yan Shiyuan, Yan Yong Sheng, Weng Kaiyue, Pan Erxing dan Xue Yong Yun. Kelimanya masuk ke wilayah RI dengan dokumen Imigrasi (paspor dan visa) yang legal atas sponsor salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang tenaga kerja asing di Jakarta.

Namun, dua di antaranya ternyata hanya mengantongi visa kunjungan sosial budaya terbatas. Sementara tiga lainnya sebagai pekerja asing pemegang KITAS yang dikeluarkan pihak Imigrasi Jakarta dan IMTA (izin menggunakan tenaga kerja asing) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tapi hanya boleh bekerja di Jakarta Utara dan Kabupaten Sukabumi.

Namun dalam kenyataanya, mereka semuanya justru bekerja di Kota Palu. "Ini jelas melanggar UU Keimigrasian RI," kata Amar.


Atas pelanggaran tersebut mereka harus meninggalkan wilayah RI. Sebelumnya, kelima warga Tiongkok itu ditangkap petugas Imigrasi Palu sedang bekerja di lokasi pertambangan galian C di Desa watusampu, sekitar delapan kilometer dari pusat Kota Palu.

Sebelum mereka dipulangkan ke negara asal, kelima warga asing itu selama hampir dua pekan menjalani karantina di ruang detensi (rudensi) imigrasi.

Menurut Amar, selama berada di karantina, warga Tiongkok tersebut mendapat pelayanan yang baik dari petugas maupun juga pihak perusahaan yang mempekerjakan mereka.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X