Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Narapidana di Rutan Medaeng Peringati Hari AIDS Sedunia

Kompas.com - 04/12/2014, 05:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Budi Prasetyo (32) terlihat riang Rabu (3/12/2014) sore itu. Sejenak, dia melupakan vonis hukuman lima tahun yang dijatuhkan kepadanya karena kasus kepemilikan narkoba.

Bersama rekan sesama narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, dia bermain Fun Game HIV/AIDS. Kedua matanya ditutup ikat kain, dia diminta menggambar sesuatu yang bisa menularkan virus HIV/AIDS. Meskipun yang digambarnya dinilai salah oleh instruktur, namun Fun Game itu cukup membuatnya tertawa terbahak-bahak.

"Daripada stres mas, lebih baik ikut main, lumayan bisa tertawa," katanya.

Budi dan 90 narapidana Rutan Medaeng saat itu ikut memeringati hari AIDS Sedunia yang digelar rutan setempat bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang fokus di aksi pencegahan HIV/AIDS.

"Fun Game kami pilih karena cukup efektif sebagai sarana sosialisasi bahaya HIV/AIDS kepada komunitas khusus seperti narapidana," kata Jemmy dari LSM Plato Fondation.

Selain menggambar dengan mata tertutup, Fun Game yang dilakukan secara berkelompok itu juga dengan model tanya jawab, dan permainan kata. Dia menyediakan beberapa hadiah menarik untuk meramaikan acara tersebut.

"Bahkan penyampaian materi dari narasumber juga dikemas menarik agar tidak terkesan membosankan," tambahnya.

Fun Game kata Jemmy ternyata terbukti efektif, ada peningkatan 40 persen pemahaman para narapidana yang dilihat dari hasil pra tes sebelum pemberian materi, dan post tes usai materi. Materi yang disampaikan seputar pengenalan, penularan, pencegahan, dan pengobatan HIV/AIDS.

Kasubsi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan Rutan Medaeng, Anandayu Anggre, mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut, paling tidak sebagai bekal para napi jika sudah bebas kelak.

"Jadi di sini, mereka tidak hanya menjalani masa hukuman, namun juga sekaligus menimba ilmu pengetahuan," terangnya.

Di Rutan Medaeng, kini terdapat 1.577 tahanan dari berbagai kasus. Sebagian besar mereka terlibat kasus kriminal umum, dan sisanya kriminal khusus seperti kasus narkoba dan kasus korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com