Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplai Hewan Kurban di Jateng Berlebih akibat Ternak Impor

Kompas.com - 28/09/2014, 19:14 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mencatat saat ini persediaan hewan kurban mencukupi untuk memenuhi kebutuhan daging di hari kurban. Dinas pun mencatat jumlah persediaan hewan kurban bertambah akibat adanya hewan ternak impor.

“Kebutuhan untuk hewan kurban di Jateng mungkin berkisar 30-40 ribu ekor,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng, Witono, Minggu (28/9/2014).

Berdasarkan catatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, populasi hewan ternak yang ada yakni sapi 1,5 juta ekor, kerbau 63 ribu ekor, sapi perah 103.000 ekor. Selain itu kambing 3,9 juta ekor dan domba 2,5 juta ekor. Hewan ternak di Jateng sendiri yang sudah disuplai ke luar daerah semisal Jakarta atau Jawa Barat berjumlah sekitar 90.000ekor.

“Biasanya jumlahnya bervariasi, tergantung mau lebaran atau momentum apa yang biasa mengalami peningkatan,” paparnya.

Volume pengiriman ke daerah lain, tambah dia, mengalami penurunan. Salah satunya disebabkan karena banyaknya sapi impor. Dari catatan tahun 2013, jumlah hewan yang dikirim ke luar daerah tercatat 100 ribuan ekor, namun pada tahun 2014 ini diperkirakan menurun hingga 30 persen. “Ya, itu karena ada hewan impor tadi,” cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com