Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-69 RI, Ada Upacara Lengkap di Bawah Laut

Kompas.com - 18/08/2014, 06:56 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

SABANG, KOMPAS.com - Untuk pertama kali, upacara pengibaran bendera merah putih digelar lengkap di bawah laut, Minggu (17/8/2014). Upacara tersebut digelar dalam peringatan hari ulang tahun ke-69 Republik Indonesia, di perairan Gapang, Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Upacara ini melibatkan dua Kirby Morgan Bandmask yang dipakai oleh inspektur dan komandan upacara, untuk bisa melakukan komunikasi dua arah di bawah laut. Rangkaian upacara langka ini pun direkam video dan bisa disaksikan langsung dari atas Kapal Angkatan Laut Simeulu milik TNI Angkatan Laut.

"Peringatan HUT di dalam laut sukses yang diikuti 200 peserta dari berbagai elemen," kata Ketua panitia pelaksana Aceh Diving Competition (ADC) Octowandi di Sabang, Minggu. Upacara ini dipimpin oleh Danlantamal I Belawan Laksamana Marsekal TNI Pulung Pambudi sebagai inspektur upacara dan Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani sebagai komandan upacara.

Upacara pengibaran bendera di dalam laut tersebut digelar dalam kedalaman 15 meter dari permukaan laut dan berlangsung selama sekitar 37 menit. Peserta upacara tak hanya dari Sabang maupun Nanggroe Aceh Darussalam, tetapi sebagian juga datang dari Pontianak, Bandung, dan Medan.

Peserta, sebut Octowandi, adalah para mahasiswa pecinta olahraga selam, anggota TNI/Polri, dan anggota Badan SAR Nasional. Kegiatan ini pun membetot minat warga untuk turut menyaksikan dari permukaan.

“Saya tidak pernah menyaksikan upacara di bawah laut. Meski saat ini tidak bisa melihat langsung tapi dengan mendengar suara yang sama dengan upacara di darat itu, sungguh menakjubkan,” kata Hadi, seorang pengunjung berasal dari Medan, Sumatera Utara, Minggu.

Pulung mengatakan upacara lengkap yang dia pimpin tersebut memang yang pertama kali digelar di Indonesia. "Kami sangat bangga bisa melaksanakan upacara ini dengan baik," kata dia.

Selain memperingati HUT Kemerdekaan ke-69 RI, ujar Pulung, kegiatan ini juga sekaligus menjadi upaya mengenalkan potensi bawah laut di Pulau Sabang yang juga adalah nol kilometer Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com