Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Mengantre Zakat dari PT Gudang Garam Sejak Subuh

Kompas.com - 26/07/2014, 09:21 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Ribuan warga tak mampu mengantre zakat yang dibagikan PT Gudang Garam Tbk, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (26/7/2014). Mereka mulai berdatangan sejak dini hari.

Para pengantre tersebut berasal dari beberapa daerah di sekitar Kediri seperti Kabupaten Nganjuk, Tulungagung, hingga Blitar. Orang lanjut usia hingga anak-anak termasuk di antara orang-orang yang antre itu.

Banyaknya pengantre ini membuat perusahan rokok tersebut bekerja sama dengan aparat keamanan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Sejak awal masuk kawasan pembagian, terlihat pengamanan yang ketat. Petugas membagi pintu masuk menjadi dua bagian, yaitu untuk pengantre laki-laki dan perempuan.

Petugas juga memberlakukan pemeriksaan fisik terhadap setiap pengantre. Pemeriksaan untuk mencegah adanya warga yang membawa senjata tajam atau benda berbahaya lainnya. Bahkan pengantre juga tidak diperkenanan membawa korek api.

Beberapa mobil ambulan juga terlihat bersiap di sekitar lokasi. " Penjagaan maksimal karena estimasi warga yang datang mencapai 13.000 warga," kata Komisaris Sudarto, Kabag Ops Polres Kediri Kota pada Kompas,com.

Jumlah uang yang akan dibagikan atau yang akan diterima masing-masing orang belum diketahui. Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, orang dewasa mendapat Rp 20.000 sedangkan anak-anak Rp 10.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com