Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang UN, Siswa Minta Doa dan Basuh Kaki Gurunya

Kompas.com - 16/05/2014, 15:59 WIB

BLITAR, KOMPAS.com - Tradisi ritual atau menggelar doa bersama setiap menjelang ujian nasional (UN) kerap dilakukan. Tak hanya minta doa kepada orangtuanya, para siswa juga memohon doa kepada gurunya.

Hal ini terjadi di SDN Bendogerit 1, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jumat (16/5/2014) siang pada jam istirahat. Para siswa yang akan mengikuti UN menggelar doa bersama di halaman sekolahnya. Mereka pun memohon doa kepada bapak ibu guru.

Caranya, satu per satu siswa melakukan sungkem kepada gurunya yang duduk di kursi plastik. Sambil sungkem, para siswa secara bergantian juga membasuh kaki para gurunya. Kaki gurunya dimasukkan ke dalam air yang ada di bak.

Selanjutnya, gurunya mendoakan satu per satu siswanya agar diberi kelancaran dan kelulusan semua pada pelaksanaan UN yang akan berlangsung tiga hari nanti.

Trimo SPd, Kepala Sekolah (Kasek) SDN Bendogerit mengatakan, doa bersama dengan mencuci kaki para gurunya itu merupakan sebuah ritual sungkeman. Tujuannya, agar para siswa yang akan melaksanakan UN dikuatkan mentalnya sehingga bisa mengerjakan ujian dengan lancar.

"Itu namanya sungkeman. Sebab, di sekolah SD itu, yang namanya guru itu sudah seperti orangtuanya sendiri. Jadi doanya seperti doa orangtuanya," kata Trimo.

Acara sungkeman itu diwarnai haru sehingga para guru dan siswa tak bisa menahan air mata.

"Bu guru meneteskan air mata ketika kami sungkem di hadapannya. Akhirnya, kami para siswanya juga ikut terharu," ujar Anisa, pelajar kelas 6 SDN Bendogerit 1.

UN di SDN Bendogerit 1 itu akan diikuti 121 siswa, sementara di Kota Blitar, ada 2.486 siswa, dan di Kabupaten Blitar mencapai 13.856 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com