Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Warga Palangkaraya Diduga Derita MERS CoV

Kompas.com - 11/05/2014, 16:38 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com -- Tiga jemaah umrah asal Palangkaraya yang tiba ke Tanah Air pada pekan ini dirawat intensif di RSUD Dr Doris Sylvanus Palangkaraya, Minggu (11/5/2014). Ketiganya menunjukkan gejala menyerupai tanda awal terinfeksi virus korona asal Timur Tengah atau MERS CoV.

Ketiga pasien diduga penderita MERS CoV diisolasi di ruang perawatan khusus RSUD Dr Doris Sylvanus. Pasien yang ketiganya berjenis kelamin perempuan itu tiba di Tanah Air dalam kloter umrah yang berbeda. P (43) dan A (56) dirawat sejak Sabtu (10/5/2014), sementara E (52) dirujuk ke rumah sakit pada Minggu (11/5/2014) pagi.

Dokter RSUD Dr Doris Sylvanus, Dr Theo Sapta, menjelaskan, pihaknya telah memberlakukan prosedur medis yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dalam menangani pasien yang diduga mengidap MERS CoV.

Sampel darah ketiganya pun juga telah dikirim ke pusat penelitian dan pengembangan kesehatan untuk diuji lebih lanjut. “Sampel sudah kita kirim ke litbang, tapi kita tangani sesuai prosedur kementerian, diisolasi khusus,” kata Dr Theo.

Meski ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan, tetapi RSUD Dr Doris Sylvanus hanya memiliki empat kamar untuk pasien penderita MERS CoV. Jika terdapat tambahan pasien, maka pihak rumah sakit akan mengubah peruntukan ruangan lainnya yang bisa disesuaikan untuk penanganan medis bagi penderita MERS CoV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com