Antisipasi HUT RMS, 800 Personel TNI/Polri Siaga di Ambon - Kompas.com

Antisipasi HUT RMS, 800 Personel TNI/Polri Siaga di Ambon

Kompas.com - 24/04/2014, 14:02 WIB
KOMPAS.COM/RAHMAN PATTY Kapolres Ambon AKBP Bintang Juliana

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 800 personel aparat gabungan dari TNI dan Polri disiagakan di berbagai kawasan di Ambon dalam rangka mengantisipasi kondisi keamanan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Maluku Selatan (RMS) yang jatuh pada 25 April besok.

“Jumlah personel gabungan TNI Polri yang disiagakan jelang HUT RMS besok itu sebanyak 800 personel, 500 dari Polri dan 300 dari TNI,” kata Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Bintang Juliana, Kamis (24/4/2014).

Dia mengatakan, ratusan aparat gabungan ini akan disiagakan di sejumlah kawasan di Pulau Ambon untuk menjaga situasi keamanan di masyarakat jelang dan saat hari-H perayaan HUT RMS.

”Aparat keamanan yang disiagakan tentunya akan bertugas untuk mengamankan berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi di masyarakat,” kata Bintang.

Terkait HUT RMS ini, Bintang mengimbau kepada masyarakat di Kota Ambon agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan berbagai isu yang sengaja diciptakan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

”Ada isu yang sengaja dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang akan membuat citra orang Maluku negativf, ini harus dicegah oleh semua pihak termasuk masyarakat,” kata dia.

“Kita berharap agar kondisinya akan seperti tahun-tahun kemarin di mana tidak ada lagi bendera RMS yang dinaikkan dan warga tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa,” ungkap Bintang.

Perayaan HUT RMS kerap diwarnai pengibaran bendera “Benang Raja” oleh kelompok tidak bertanggungjawab yang menyebabkan terjadinya ketegangan di masyarakat. Namun sejak beberapa tahun terakhir perayaan HUT RMS di Maluku tidak lagi dirayakan oleh pendukung RMS dengan cara menaikan bendera. 


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X