Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suasana HUT RMS Tak Terasa di Ambon

Kompas.com - 25/04/2013, 14:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Maluku Selatan (RMS) yang jatuh pada 25 April 2013 hari ini tak terasa geliatnya. Kondisi di Kota Ambon pun landai dan aman.  HUT RMS yang biasanya disertai dengan pengibaran bendera "benang raja" tak tampak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pantauan Kompas.com di sejumlah lokasi di Ambon seperti di kawasan Gunung Nona, kawasan Siwang dan perbukitan Nusaniwe tidak ada satupun bendera yang ditemukan berkibar.

Aktivitas masyarakat dan perkantoran berjalan normal seperti hari-hari biasanya. Begitu juga dengan aktivitas ekonomi warga di pusat-pusat perekonomian tetap normal. Warga tidak sedikitpun terpengaruh dengan HUT RMS.

"Tidak ada sesuatu yang menonjol, tidak ada bendera yang ditemukan berkibar maupun disita, semuanya aman saja seperti hari-hari biasa, tidak ada yang luar biasa dihari ini," kata Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ajun Komisaris Besar Polisi, Suharwiyono.

Suharwiyono menyatakan, sejak Rabu malam anggotanya disebarkan di sejumlah titik yang dinilai rawan aktivitas RMS saat HUTnya, namun hingga Kamis siang tidak ditemukan adanya aktivitas makar RMS.

Selain di Pulau Ambon, Suharwiyono juga mengungkapkan di Desa Aboru, Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, wilayah hukum Polres Pulau Ambon juga dilaporkan tidak ada pengibaran dan penemuan bendera RMS.

Desa Aboru, selama ini dikenal rawan aktivitas RMS. Pada tahun-tahun sebelumnya, setiap HUT RMS, selalu ada pengibaran bendera RMS dengan corak empat warna, benang raja itu. Namun situasi kini berbeda, tidak ditemukan lagi aktivitas RMS.

"Masyarakat saat ini sudah sadar tidak mau terpengaruh dengan kegiatan-kegiatan RMS yang dapat merugikan diri sendiri," kata Suharwiyono.

Aparat TNI dan Polri sejak Rabu malam sudah disiagakan di sejumlah kawasan di Kota Ambon yang dianggap rawan aktivitas RMS. Di kawasan Gunung Nona misalnya, aparat Brimob Polda Maluku bersenjata lengkap berjaga-jaga di kawasan tersebut. Selain itu, aparat TNI dan Polri juga meningkatkan patroli di sejumlah wilayah di Kota Ambon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com