Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan BTN Jawa Timur Gelar Aksi Tolak Akuisisi

Kompas.com - 21/04/2014, 19:09 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan karyawan Bank Tabungan Negara (BTN) se-Jawa Timur menggelar aksi protes menolak kebijakan akuisisi, Senin (21/4/2014) malam. Mereka menggelar aksi protes di pelataran parkir kantor Utama Bank BTN Surabaya, di Jalan Pemuda.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, karyawan yang sebagian besar perempuan itu menggelar spanduk berisi penolakan kebijakan akuisisi. Mereka bernyanyi dan memukul galon air sambil berteriak "Tolak Akuisisi". Satu per satu perwakilan karyawan melakukan orasi yang disambut riuh para karyawan lainnya.

Aksi yang digelar serikat pekerja Bank BTN Jawa Timur tersebut mendatangkan perwakilan dari sejumlah cabang sekitar Surabaya seperti Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto, dan sejumlah daerah wilayah Madura, dengan total peserta aksi sekitar 500 karyawan.

Seperti diberitakan, pemerintah berencana melepas kepemilikan saham di BTN. Bank Mandiri dikabarkan akan menjadi bank yang akan melakukan akuisisi terhadap BTN.

Saat ini, komposisi pemegang saham Bank BTN terdiri dari pemerintah sebesar 60,14 persen, badan usaha asing sebesar 25,45 persen, dan sisanya terdiri dari perorangan, karyawan, reksa dana, dana pensiun, asuransi, koperasi, dan perseroan terbatas. Aksi dengan tuntutan yang sama, beberapa hari sebelumnya juga digelar ribuan karyawan BTN di Jakarta. Hingga laporan ini dikirim, belum ada satupun pihak serikat pekerja yang berkenan memberikan pernyataan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com