Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSU dr Soetomo Tawari Lisa "Face Off" Pekerjaan

Kompas.com - 05/02/2014, 17:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — RSU dr Soetomo Surabaya membuka kesempatan bagi pasien face off, Siti Nur Jazila atau Lisa (30), untuk bekerja tanpa melalui tes. Perlakuan khusus itu diberikan karena selama tujuh tahun dirawat, Lisa dinilai aktif membantu pekerjaan RSU dr Soetomo.

Janji itu disampaikan Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Dodo Anondo, saat acara pelepasan janda 30 tahun asal Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, itu di ruangannya, Rabu (5/2/2014). "Gajinya memang tidak seberapa, namun jika Lisa berkenan, kami siap menerima," kata Dodo.

Selama tujuh tahun dirawat di RSU dr Soetomo, kata Dodo, Lisa banyak membantu pekerjaan rumah sakit. Hal itu dilakukannya juga sebagai upaya pemulihan psikologi pasca-operasi serta mengisi waktu luang.

"Lisa bisa bekerja di bidang administrasi, motivasi pasien, atau apa pun tergantung kompetensinya," tambah Dodo.

Menurut Dodo, kondisi psikologis Lisa masih rentan karena Lisa mulai hari ini akan kembali berbaur di tengah masyarakat. Oleh karena itu, dokter pendamping psikologis akan terus memantau perkembangan korban kekerasan dalam rumah tangga itu.

Lisa diperbolehkan pulang setelah tujuh tahun dirawat dan melalui 17 kali operasi rekonstruksi wajah. Biaya pengobatan Lisa ditanggung oleh pemerintah dan bantuan relawan yang tidak mengikat.

Wajah Lisa rusak karena disiram air keras oleh mantan suaminya karena keributan yang dipicu masalah keluarga pada tahun 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com