Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Jalani 17 Operasi, Lisa "Face Off" Boleh Pulang

Kompas.com - 05/02/2014, 15:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
 — Pasien "face off" RSU dr Soetomo, Surabaya, Siti Nur Jazilah, atau yang lebih dikenal dengan Lisa, Rabu (5/2/2014) siang akhirnya diperkenankan pulang setelah tujuh tahun dirawat. Selama itu Lisa telah melalui 17 operasi rekonstruksi wajah. 

Perempuan 30 tahun asal Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, itu dilepas, Surabaya. Hadir dalam acara pelepasan itu di antaranya Ketua Tim Bedah Plastik Face Off Prof dr Sjaifuddin Noer dan Direktur Utama RSU dr Soetomo, Surabaya, dr Dodo Anondo.

"Lisa diperbolehkan pulang karena secara medis, luka sudah membaik meskipun wajah belum sempurna 100 persen. Apalagi, Lisa sudah dianggap bisa hidup mandiri tanpa bantuan tim medis lagi," kata Prof dr Sjaifuddin Noer.

Meski demikian, Lisa masih diwajibkan kontrol seminggu dua kali untuk melihat perkembangan bekas lukanya. Sjaifuddin menambahkan, masih ada kemungkinan operasi, tetapi sifatnya hanya operasi kecil dan tidak memerlukan penanganan khusus atau rawat inap.

"Yang masih rentan, bukan masalah lukanya, namun masalah psikologisnya, karena Lisa akan hidup di tengah masyarakat seperti dulu. Namun kami yakin Lisa akan siap menghadapi," tambahnya.

Selama tujuh tahun menjadi pasien, Lisa mengalami 17 kali operasi rekonstruksi wajah. Operasi pertama dilakukan pada 28 Maret 2006 dengan mengganti kulit wajah dengan kulit punggung.

Sementara itu, operasi terakhir 27 Februari 2013 dengan memperbaiki kelopak mata kanan bagian atas, bagian bibir, dan sudut pipi.

Lisa sebelumnya adalah korban kekerasan dalam rumah tangga pada 2004 lalu. Dia disiram air keras di wajahnya oleh suaminya sendiri karena keributan rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com