Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketinggian Air di Waduk Jatiluhur Aman

Kompas.com - 22/01/2014, 14:49 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketinggian air di Waduk Jatiluhur merupakan salah satu titik ukur potensi banjir di beberapa daerah di sekitarnya seperti Karawang yang saat ini juga dilanda banjir.

Kepala Polda Jawa Barat Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, jajarannya telah melakukan pemeriksaan tinggi air di waduk Jatiluhur.

"Kemarin, Selasa (21/1/2014), kami ke Jatiluhur karena ingin tahu berapa tingginya karena kalau terjadi permasalahan di sana, dipastikan akan menggenangi daerah Karawang," kata Iriawan saat ditemui di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/1/2014).

Lebih lanjut Kapolda menambahkan, untuk saat ini ketinggian air di Waduk Jatiluhur terpantau aman karena berada di bawah ambang batas. "Ambang batas 114 meter itu sudah bahaya. Kemarin masih 104 meter jadi masih aman," sambungnya.

Namun, warga Karawang diimbau tidak panik. Sebab, jika masih terjadi hujan dengan intensitas tinggi setiap hari, kata Iriawan, ketinggian air baru bisa mencapai titik rawan bahaya banjir, yaitu 114 meter pada 9 Februari.

"Sampai 9 Februari masih aman. Tetapi kalau di luar prediksi, maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan 3.000 kubik per detik dengan menjebol bendungan di bagian lainnya," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com