Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Google, UIN Surabaya Siap Menuju Kampus Siber

Kompas.com - 03/12/2013, 20:56 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Universitas Islam Negeri  Sunan Ampel Surabaya menggandeng perusahaan teknologi informasi raksasa Google untuk mewujudkan kampus Islam berbasis siber. Dalam kerja sama itu, 13.000 mahasiswa UIN Surabaya dijatah masing-masing 30 gigabyte  data internet untuk menunjang keperluan akademik.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Lukman Hakim menjelaskan, fasilitas dari Google berbasis Apps for Education itu dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran, seperti mencari literatur, pengiriman pesan elektronik, dan mengakses sistem informasi akademik.

"Masing-masing mahasiswa akan mendapatkan nama e-mail yang disertai dengan domain," katanya, Selasa (3/12/2013).

Sementara itu, kata dia, saat ini infrastruktur penunjang berupa jaringan wi-fi pita lebar juga sudah terpasang di sekitar 30 titik yang tersebar di seluruh kampus. Jika masih diperlukan, bisa saja dilakukan penambahan bandwith.

Dengan dukungan Google ini diharapkan UIN Sunan Ampel Surabaya mampu mencetak generasi Islam yang ramah dengan teknologi informasi. "Dengan pendidikan berbasis IT, ke depan tidak lagi ada tumpukkan kertas untuk pembelajaran mahasiswa. Semua sudah bersifat digital, termasuk dalam hal berdiskusi, karena tidak harus bertatap muka," katanya.

UIN Sunan Ampel Surabaya sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kampus ini resmi beralih status sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Taun 2013 yang resmi sejak 2 Oktober 2013. Atas perubahan status tersebut, maka kampus berusia 48 tahun yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, ini membuka beberapa fakultas dan program studi (prodi) baru. Antara lain, Fakultas Kesehatan (FKES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Sains, Teknologi (FSaintek), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com