Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Tour de Ijen Diwarnai Tabrakan Beruntun

Kompas.com - 04/11/2013, 18:32 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Banyuwangi Tour de Ijen 2013 diwarnai kecelakaan beruntun di pertigaan Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, Senin (4/11/2013). Sedikitnya ada 6 mobil rombongan atlet balap sepeda Banyuwangi Tour De Ijen yang ringsek. Bahkan salah satu mobil rusak parah di bagian depan.

Kapolsek Rogojampi, AKP Bagio menjelaskan, awalnya, iring-iringan mobil dari arah Banyuwangi itu hendak menuju lokasi start Banyuwangi Tour De Ijen etape 3. Mobil tersebut membawa rombongan tim Translibas Sidoarjo, BBC Passel serta beberapa rombongan dari Pemkab Banyuwangi.

Ketika rombongan itu melintas di pertigaan Desa Labansaem, meluncur mobil pikap berpelat nomor N 9509 YC yang nekat nyelonong, padahal sirine petugas sudah dinyalakan.

"Ketika pikap itu nyelonong, akhirnya petugas polisi Patwal bermotor yang dikendarai oleh Aiptu Yanto Hari tidak bisa menguasai keseimbangan dan terjatuh. Melihat patwal jatuh secara otomatis kendaraan di belakangnya mengerem mendadak sehingga kecelakaan tidak bisa dihindarkan," jelasnya.

Petugas Patwal dari Polres Banyuwangi langsung dilarikan ke rumah sakit, sedangkan motor Patwal bepelat nomor 1117-44 yang dikendarai Aiptu Yano ringsek di bagian depan. Sementara itu, mobil pikap dan sopirnya diamankan petugas untuk dimintai keterangan.

AKP Bagio menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Para atlet dan rombongan langsung diberangkatkan menuju start etape ketiga di Kecamatan Genteng dengan kendaraan lain. "Petugas langsung mengevakusi kendaraan agar tidak membuat kemacetan," tambahnya.

Banyuwangi Tour De Ijen adalah ajang balap sepeda Internaisonal yang digelar mulai 2 sampai 5 November 2013 sebagai bagian dari Banyuwangi Festival 2013. Ajang bergengsi ini diikuti oleh 20 tim yang terdiri dari 11 tim dari luar negeri dan sisanya dari dalam negeri. Ada empat etape yang harus ditempuh oleh pebalap dengan total jarak 606,5 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com