70 Persen Hewan Kurban Sudah Terbeli

Kompas.com - 03/10/2013, 16:34 WIB
Warga Pinrang, Sulawesi Selatan, memilih membeli hewan kurban jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang murah. Sebagian besar bahkan sudah membayar lunas hewan kurban yang mereka pilih.
KOMPAS.com/ JunaediWarga Pinrang, Sulawesi Selatan, memilih membeli hewan kurban jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang murah. Sebagian besar bahkan sudah membayar lunas hewan kurban yang mereka pilih.
|
EditorKistyarini

PINRANG, KOMPAS.com - Khawatir harga hewan kurban terus melonjak tinggi saat hari raya Idul Adha makin dekat, warga Pinrang, Sulawesi Selatan, memilih membeli hewan kurban jauh-jauh hari. Sebagian besar bahkan sudah membayar lunas hewan kurban yang mereka pilih.

Menurut para penjual hewan kurban, warga membeli hewan kurban sejak dua bulan lalu. Haji Bachtiar, pengusaha hewan kurban di Pinrang yang memasok wilayah Endrekang, Wajo, Soppeng, Polewali, dan Barru, mengatakan lebih dari 70 persen hewan kurbannya sudah laku.

Bachtiar mengatakan, stok sapi di penampungan miliknya lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan hewan kurban.

“Kita cukup kewalahan menghadapi permintaan hewan kurban. Bahkan ada pelanggan yang sudah memesan dua bulan sebelum Idul Adha agar harga sapi tidak terlalau mahal,” ujar Bahtiar.

Para konsumen khawatir harga hewan kurban, yang naik antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per ekor, akan semakin mahal mendekati hari H.

Harga hewan kurban seperti sapi umur dua tahun, misalnya, kini dijual hingga Rp 9 juta per ekor. Sebelumnya sapi yang sama masih bisa dibeli dengan Rp 6 juta per ekornya. Sapi dengan ukuran berat hingga satu ton yang biasanya dijual Rp 14 juta kini mendekati harga Rp 20 juta per ekor.

Sebagian sapi-sapi siap kurban ini telah dibayar lunas pemiliknya. Sebagian lainnya telah dipanjar setengah harga dan baru akan dibayar lunas oleh pembeli pada saat sapi titipan ini diambil pemiliknya.

Meski sapi-sapi ini telah dibeli dengan harga lebih murah, para pengusaha tetap bisa medijadikan modal tambahan untuk membeli lagi stok hewan kurban demi memenuhi permintaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X