Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kecurangan Pilkada Ulang di SBT Beredar di Youtube

Kompas.com - 24/09/2013, 16:27 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com
— Dua video rekaman kecurangan pemungutan suara ulang Pilkada Maluku di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) beredar di Youtube. Video berdurasi 3,16 menit dan 3 menit itu diunggah oleh seseorang dengan nama akun "Serba Serbi" pada Senin (23/9/2013).

Dalam video itu terlihat jelas salah seorang petugas KPPS di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten SBT mencoblos puluhan kertas suara yang diarahkan tepat pada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3, Abdullah Vanath-Jonas Martin Maspaitella (Damai), di hadapan sejumlah petugas KPPS lainnya.

Ironisnya, para petugas KPPS dan saksi hanya melihat sambil tertawa dan tidak memprotes sedikit pun. Video kecurangan tersebut saat ini ramai diperbincangkan warga di Ambon. Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten SBT, Saleh Tianotak, yang dikonfirmasi wartawan dari Ambon, Selasa (24/9/2013), mengaku kaget dan baru mengetahui adanya video tersebut. "Saya juga baru diberitahu hari ini, dan saya baru mau melihat video tersebut,” kata Saleh.

Dia mengaku, sejauh ini pihaknya telah menjalankan tugas pengawasan dengan maksimal, dan belum mendapatkan laporan adanya kecurangan tersebut. Setelah melihat video itu, dirinya berjanji akan mempelajarinya dan melaporkan ke Bawaslu Maluku untuk ditindaklanjuti.

“Selama ini tidak ada laporan dari warga maupun tim sukses pasangan calon terkait adanya kecurangan tersebut. Jadi saya sendiri baru dengar, dan saya baru mau melihat dan mempelajari video itu apakah benar ataukah tidak,” ungkapnya lagi.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya akan segera mengidentifikasi dugaan video kecurangan tersebut, mulai dari lokasi dalam video itu hingga petugas KPPS. "Jadi ini masih dugaan, yang jelas kita harus mengidentifikasi lokasi TPS dan juga para petugas KPPS yang beredar dalam video itu," ujarnya.

Video dugaan kecurangan pilkada ini juga telah diunggah sekretaris tim pemenangan pasangan Herman Koedoebon-Daud Sangadji di akun Facebook miliknya bernama Thobiyend Sahureka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com