Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Rokok, Hotel Ludes Terbakar

Kompas.com - 05/09/2013, 15:38 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com — Hotel Ritansa di Jalan Sayu Wiwit, Kelurahan Kampung Melayu, Banyuwangi, terbakar pada Kamis (5/9/2013) sekitar pukul 10.15 WIB. Kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi hampir separuh hotel bangunan lantai 13 dilahap api.

Yuria, salah satu saksi mata dan juga pegawai hotel, kepada Kompas.com, Kamis (5/9/2013), menuturkan, awalnya ia melihat asap dari bagian bar yang terbuat dari ijuk kelapa. "Saya sempat menyiramnya, tetapi apinya enggak padam dan merambat ke kamar-kamar tamu. Akhirnya, kami minta agar para tamu segera keluar dari kamar," ujarnya.

Yuria menduga kebakaran disebabkan oleh tamu yang membuang rokok di bar yang menyebabkan ijuk kelapa terbakar. Dari delapan kamar yang ada, lima kamar terisi tamu, termasuk dua tamu yang berasal dari Amerika serikat.

Henry Gillson Rowbuck, pemilik hotel yang berdiri sejak tahun 2009 itu, tidak mau berkomentar banyak terkait kebakaran tersebut dengan alasan dia baru datang ke lokasi kejadian.

Kebakaran baru bisa dipadamkan 1,5 jam kemudian dengan menurunkan lima mobil pemadam kebakaran. Kerugian diprediksi mencapai ratusan juta rupiah dan pihak kepolisan masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com