Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Kades di Aceh Tolak Bagikan Kartu BLSM

Kompas.com - 30/08/2013, 18:21 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sebanyak 11 keuchik (kepala desa) se-Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh menolak membagikan kartu BLSM kepada warga desa mereka masing-masing, jika tak semua warga miskin terdata dan mendapat kartu BLSM.

Para keuchik yang tergabung dalam Asosiasi Keuchik Kecamatan Kuta Alam (Asokulam) ini mengatakan akan menolak jika nama warga miskin ini hanya sebatas didaftar saja atau hanya sebagai pengganti warga penerima BLSM tahap I yang tak mengambilnya.

Para keuchik juga mendesak agar semua warga miskin yang terdata di gampong (desa) mereka masing-masing mendapat Bantuan Langsung Sementara (BLSM) tahap II yang jadwalnya dicairkan September 2013.

“Kalau tetap dipaksakan dan tidak sesuai data yang ada di desa, kami tidak bertanggungjawab terhadap berbagai persoalan yang muncul,” kata Ketua Asokulam, Alta Zaini yang juga kepala Desa Lampulo, Banda Aceh, Jumat (30/8/2013).

Sikap para orang nomor satu di setiap desa ini disampaikan pada pertemuan dengan Camat Kuta Alam, Azhari Aiga di kantor Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Intinya, pada pertemuan itu meminta para keuchik memasukkan nama warga miskin sebagai pengganti warga yang tak mengambil dana BLSM tahap pertama.

“Kami semua menolak permintaan itu, soalnya data KK penerima BLSM tahap I sesuai data BPS Banda Aceh 2011, tapi tak sesuai data warga miskin yang ada di gampong tahun 2012-2013,” kata Alta.

Menurut Alta, pihaknya juga akan mengirimkan surat protes kepada Wali Kota Banda Aceh, jika pembagian kartu ini tidak sesuai dengan permintaan para kepala desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com