Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Napi di Sumut Melebihi Kapasitas Lapas

Kompas.com - 20/08/2013, 18:02 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


BATU BARA, KOMPAS.com — Jumlah narapidana di hampir semua lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Sumatera Utara sudah melebihi daya tampung lapas (overcapacity). Hal ini disampaikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Hukum dan HAM Sumatera Utara Amran Napitupulu di Lapas Labuhan Ruku, Kabupaten Batu Bara, Senin (19/8/2013).

Menurut Amran, jumlah napi dan tahanan di seluruh wilayah Sumatera Utara lebih dari 17.000 orang. Padahal, kapasitas lapas dan rutan di seluruh Sumatera Utara hanya 8.500 hingga 8.700 orang. "Jadi itu sudah sangat melebihi kapasitas," tuturnya.

Kondisi itu juga terjadi di Lapas Labuhan Ruku yang baru terbakar. Menurut Amran, data yang ada di pihaknya, jumlah napi dan tahanan di Labuhan Ruku sebanyak 866 orang, terdiri dari napi 563 orang dan tahanan 303 orang.

"Padahal, kapasitas di sini itu 300 orang," katanya.

Terkait dengan pembenahan atau perbaikan bangunan Lapas Labuhan Ruku yang sudah terbakar hingga 75 persen, Amran menyebut hal itu tidak lagi menjadi kewenangan pihaknya. Sebab, akan ada perencanaan dan pengajuan anggaran yang tidak kecil untuk pembangunan kembali lapas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com