Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuda Tewas saat Meracik Petasan

Kompas.com - 07/08/2013, 08:43 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com - Seorang pemuda asal Jombang, Jawa Timur, tewas akibat ledakan petasan yang diraciknya sendiri, Selasa (6/8/2013) malam.

Didik Irwanto (27), warga Dusun Karonglo, Desa Godong, Kecamatan Gudo, Jombang, tewas dalam kondisi yang mengenaskan di antara reruntuhan dapur rumahnya.

Kapolsek Gudo, AKP Ismono Hardi dihubungi membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia pengatakan, kejadian itu masih dalam penyelidikan.

“Kuat dugaan korban sedang  mengoplos bahan baku pembuatan petasan. Oplosan petasan atau mercon itu mendadak meledak. Karena berdaya ledak tinggi, ledakan mengakibatkan dapur rumah hancur dan korban tewas seketika," kata Ismono Hardi, Rabu (7/8/2013).

Sugeng Hariyadi, warga setempat, mengatakan ledakan petasan yang terjadi tak lama usai waktu shalat tarawih itu cukup keras, sehingga terdengar hingga radius satu kilometer lebih.

Warga yang mendengar ledakan lantas mendatangi sumber suara. Saat itulah mereka mengetahui dapur milik korban hancur. Warga kemudian memeriksa puing-puing reruntuhan dan menemukan mayat Didik hancur dengan luka bakar hampir di sekujur tubuhnya.

Polisi yang datang ke lokasi karena mendapat laporan warga, kemudian melakukan proses identifikasi dan olah tempat kejadian perkara. Petugas juga mengevakuasi jasad korban ke RSUD Jombang untuk otopsi.

Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Sugeng Widodo mengungkapkan polisi masih meminta keterangan para saksi. Menurut Sugeng Widodo, insiden berawal ketika Didik meracik petasan yang akan disulut pada malam lebaran.

"Dugaan kami, saat pembuatan, terjadi gesekan antara serbuk dan logam alat pembuat petasan. Sehingga terjadi ledakan yang menyebabkan korban terpental beberapa meter. Korban meninggal karena kecerobohannya sendiri," tambah Widodo. (uto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com