Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Kendaraan Jalur Kediri Meningkat

Kompas.com - 04/08/2013, 13:03 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Volume kendaraan yang melintasi jalur simpang empat Mengkreng, Kediri, Jawa Timur, mulai terjadi peningkatan sejak tadi pagi. Mengkreng adalah jalur nasional perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Jombang, serta Kabupaten Nganjuk.

Data yang dihimpun, intensitas kendaraan dalam satu jamnya mencapai 7.640 kendaraan yang terpantau melintas di jalur tersebut. Padahal pada hari biasa, normalnya hanya kisaran 3.000 kendaraan.

“Peningkatannya mulai terjadi pagi tadi. Tapi arus lalu lintas masih terpantau lancar,” kata AKP Ari Wibowo, Kepala Satuan Lalu lintas Polres Kediri, Minggu (4/8/2013).

Meski kendaraan yang melintas terdiri dari beragam jenis, namun yang paling dominan adalah kendaraan roda empat pribadi dan roda dua. Kendaraan itu datang dari arah Surabaya menuju Madiun.

Puncak kepadatan lalu lintas ditempat itu, Ari Wibowo menambahkan, diperkirakan baru akan terjadi pada H-2 sampai sehari sebelum Lebaran nanti. Hal itu, menurutnya, didasarkan pada pengalaman tahun sebelumnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa skenario rekayasa jalan jika nantinya terjadi penumpukan volume kendaraan. Mulai dari sistem buka tutup hingga penggunaan water barrier untuk mengurainya.

“Namun keberhasilan juga memerlukan koordinasi dengan jajaran samping,” imbuhnya.

Simpang empat Mengkreng cukup berpotensi terjadinya kecelakaan. Selain jalur pertemuan tiga kabupaten, di tempat tersebut juga terdapat jalur kereta api aktif. Pos polisi yang dilengkapi dengan kamera pengawas, didirikan untuk mengantisipasi kerawanan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com