Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Mulai Keluhkan Harga Cabai Merah

Kompas.com - 01/07/2013, 08:26 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com
 — Menjelang bulan Ramadhan, harga komoditas bumbu cabai merah di beberapa pasar tradisional di Manado, Sulawesi Utara, mulai merangkak naik. Kenaikan ini dikeluhkan oleh warga yang ditemui di Pasar Bersehati.

"Tidak tahu ini akibat apa, harga rica (cabai) sudah naik lagi. Ongkos angkot sudah naik, sekarang bumbu-bumbu ikut naik, semakin susah saja," keluh Nontje, warga Tuminting, Senin (1/7/2013).

Nontje mengatakan, pekan lalu dia masih membeli sekilo cabai merah seharga Rp 23.000, sekarang pedagang telah menjual dengan harga Rp 36.000. Beberapa pedagang yang ditemui enggan menjelaskan alasan kenaikan harga cabai merah tersebut.

Menurut mereka akhir-akhir ini pasokan dari daerah Gorontalo dan Sulawesi Tengah memang berkurang. Cabai merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling dibutuhkan oleh warga Manado dan Minahasa.

Kenaikan harga cabai merah yang tinggi banyak kali menjadi penyebab naiknya inflasi Kota Manado. Selain cabai merah, bawang merah juga terpantau mulai ikut naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com