Salin Artikel

Hendak Bersihkan Sebuah Rumah Kosong di NTT, Warga Temukan 2 Granat dan Amunisi

Granat dan peluru itu ditemukan di rumah kosong milik seorang purnawirawan polisi yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Warga lalu melaporkan kejadian itu ke aparat Kepolisian Resor (Polres) Belu.

"Granat dan amunisi itu ditemukan Senin (8/4/2024) kemarin di rumah almarhum Aiptu Purnawirawan DB," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Komisaris Besar Polisi Ariasandy kepada Kompas.com, Rabu (10/4/2024).

Ariasandy menuturkan, penemuan peluru dan granat itu berawal dari warga yang membersihkan rumah milik almarhum Aiptu DP yang telah lama ditinggal kosong oleh keluarga.

"Saat itu, warga bernama Hironimus Hale Manek bersama para tetangganya membersihkan rumah milik almarhum Aiptu purn DB yang telah lama kosong. Rumah itu ingin ditempati kembali oleh keluarga," ujar Ariasandy.

Saat sedang membersihkan barang - barang yang tidak terpakai lagi dan dibawa keluar rumah untuk dibakar, Hironimus melihat selongsong peluru yang terletak di halaman rumah dekat tumpukan barang.

Hironimus lalu menyampaikan kepada beberapa warga yang ikut membantu untuk lebih berhati - hati pada saat membersihkan rumah.

Tak lama kemudian, Hironimus kembali menemukan bahan peledak berupa granat yang terselip di dalam sebuah kardus yang hendak dibakar bersama barang - barang lainnya.

Hironimus lalu menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Umanen, Bripka Mario Klau dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Belu.

Usai menerima laporan, Kabag Operasional Polres Belu Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Nengah Sutawinaya bersama Kasat Intelkam Polres Belu, AKP Imanuel Lado dan sejumlah anggota, turun ke lokasi untuk mengamankan tempat kejadian perkara.

Personel Polres Belu mengamankan bahan peledak berupa dua granat tangan dan puluhan butir peluru antara lain satu buah amunisi besar, 11 amunisi revolver, satu amunisi FN, 19 amunisi AK, 25 amunisi SKS, empat amunisi K 7,9  dan satu amunisi K 7,4.

Bahan peledak dan amunisi tersebut, kemudian diamankan dan disimpan di gudang Logistik senjata Polres Belu.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/10/110919878/hendak-bersihkan-sebuah-rumah-kosong-di-ntt-warga-temukan-2-granat-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke