Salin Artikel

Pemprov Papua Tengah Tanggapi Situasi Keamanan yang Memanas

Dia meminta agar semua pihak tidak bersikap represif, terutama menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Diketahui, situasi keamanan di Papua Tengah memanas setelah terjadi aksi unjuk rasa di Nabire, yang disusul dengan aksi bersenjata yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya dan Puncak.

"Saya mengajak semua pihak untuk menahan diri terutama menjelang Idul Fitri," ujar Ribka di Jayapura, Selasa (9/4/2024).

Terkait dengan aksi demonstrasi di Nabire pada 5 April 2024, yang berujung pada aksi pembakaran rumah dan rudapaksa, Ribka mengaku menyesalkan kejadian tersebut.

Pasalnya, para pendemo yang ingin menyuarakan tentang Hak Asasi Manusia (HAM), justru bertindak kontradiktif.

Ia pun memastikan Pemprov Papua Tengah tidak akan tinggal diam untuk membantu para korban.

"Kami sangat prihatin terhadap adanya korban akibat kericuhan yang terjadi tersebut dan telah melakukan upaya-upaya penanganan dan memberikan bantuan santunan," ungkap dia.

Ribka Haluk juga memastikan, Pemprov hadir bagi korban-korban kericuhan tersebut dan menanggung biaya pengobatan serta pembangunan rumah yang rusak.

Ia juga meminta aparat keamanan untuk bisa mengusut kasus tersebut hingga tuntas, karena aksi yang dilakukan para oknum pendemo telah merenggut HAM para korban.

"Saya sudah meminta kepada pihak yang berwajib untuk melakukan penegakan hukum," cetus dia.

Kemudian, terkait aksi bersenjata di Intan Jaya yang menyebabkan seorang anak meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka tembak, Ribka memastikan korban akan ditangani dengan baik.

"Intan Jaya yang saya dapat dari Bupati Intan Jaya bahwa dua korban tersebut terkena serpihan dan salah satunya anak 12 tahun langsung meninggal dunia."

"Dan satunya yang berumur enam tahun telah dievakuasi ke RS di Nabire dan kami sudah memberikan santunan biaya perobatan dan juga pendampingan langsung kepada korban," tutur dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/10/000100978/pemprov-papua-tengah-tanggapi-situasi-keamanan-yang-memanas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke