Salin Artikel

Viral, Video Ekskavator Nyangkut di Bawah Jembatan Tanggulangin, Dinputaru Demak: Memang Parkir di Air

DEMAK, KOMPAS.com - Sebuah video dengan narasi sebuah ekskavator tersangkut di jembatan Tanggulangin yang menghubungkan Kabupaten Demak dan Kudus viral di media sosial.

Video dibagikan akun instagram @informasiseputarsemarang yang menyebutkan bahwa alat berat tersebut hanyut terbawa arus saat perbaikan tanggul Sungai Wulan di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, yang sempat jebol.

"Selasa (2/4/2024) pagi, salah satu ekskavator berlogo PUPR yang dikerahkan untuk menanggulangi jebolnya tanggul Sungai Wulan kembali hanyut, kini ekskavator tersebut tersangkut di bawah jembatan yang menghubungkan Demak-Kudus," tulis @infoseputarsemarang.

Camat Karanganyar, Ungguh Prakoso, mengaku tidak tahu pasti akan kronologi kejadian itu, pasalnya mendapatkan informasi dari sosial media.

"Saya ndak tau pastinya, tahu ya dari status-status orang-orang," katanya kepada Kompas.com, melalui pesan tertulis, Rabu (3/4/2024).

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) atau Dinputaru Demak, Naning Prih Hatiningrum membenarkan peristiwa itu.

Menurutnya, saat terparkir ekskavator tersebut sempat terbawa arus ketika debit Sungai Wulan naik.

"Excavator amphibi, posisi off (tidak ada operator), alat tersebut parkir. Saat debit air naik, excavator amphibi sempat terbawa arus," katanya dihubungi melalui WhatsApp, Rabu.

Dia menjelaskan, alat berat ekskavator jenis amfibi memang didesain untuk bekerja di dalam air, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan atas kejadian itu.

Naning juga memastikan, sampai saat ini pengerjaan tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito, Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, masih terus berlanjut.

"Excavator amphibi itu memang keberadaannya memang di dalam air, jadi parkir saat off juga di dalam air," tukasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/03/132712778/viral-video-ekskavator-nyangkut-di-bawah-jembatan-tanggulangin-dinputaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke