Salin Artikel

Melihat Kesiapan Pelabuhan Ciwandan Layani Pemudik Motor Mulai Malam Ini

General Manager Pelindo Regional 2 Banten, Yohanes W Situmeang mengatakan, dermaga yang disiapkam sesuai permintaan ada tiga terdiri dari dermaga 05A, dermaga 03 dan Dermaga 07.

Selain itu menyiapkan area parkir atau tunggu pemudik motor seluas 7.000 meter persegi dengan kapasitas 2.000 unit dan untuk truk seluas 25.000 meter persegi dengan kapasitas 200 unit.

"Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu 2orang dari Pelindo yang bertugas secara bergantian," kata Yohanes melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Guna membantu sandar kapal, empat unit kapal tunda disiagakan terdiri dari dua unit Kapal dari Pelindo, dari PT Krakatau Bandar Samudera 1 unit Kapal Tunda dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri 1 unit Kapal Tunda.

Pelindo bekerjasama dengan PT ASDP, lanjut Yohanes, menyiapkan fasilitas pendukung seperti posko tenda bersama untuk aparat kemananan, toilet umum, ruang P3K dan tenda UMKM.

Kemudian disiagakan petugas kesehatan dan 1 unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten,

"Kami siap mendukung program pemerintah dalam kelancaran arus mudik di Pelindo Ciwandan, Banten untuk mengurangi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak" ujar Yohanes.

Sebelumnya, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten, Benny Nurdin Yusuf mengatakan, ada 11 kapal kapasitas besar yang disiapkan mengangkut pemudik rute Ciwandan- Bakauheni.

"Ada 61 kapal yang sudah kita siapkan yang sudah kita ramp check, dan 11 kapal nanti kita tempatkan di (pelabuhan) Ciwandan," kata Benny.

Dijelaskan Benny, pada H-7 sampai H- 6, akan dioperasikan 10 kapal di Pelabuhan Ciwandan.

Namun, pada puncak arus mudik yang sudah diprediksi akan ditambah pengoperasian kapal menjadi 11 unit.

"Masuk H-5 kita tambah 1 kapal yaitu KMP Ataya kita tarik masuk untuk menambah menjadi 11 kapal. Sehingga nanti di H-7, H-6 ada 21 trip, dan h-5 sampai h-1 ada 24 trip," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/02/150758778/melihat-kesiapan-pelabuhan-ciwandan-layani-pemudik-motor-mulai-malam-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke