Salin Artikel

Iptu DH Mabuk dan Bikin Onar Saat Perjamuan Kudus, Kapolresta Kupang Temui Pendeta untuk Minta Maaf

Aldinan dalam kunjungannya ke Gereja GMIT Kota Kupang, NTT pada Minggu (31/3/2024) berjanji akan menindak tegas anggotanya. Adapun kedatangan Aldinan, diterima Ketua Majelis GMIT Jemaat Kota Kupang Pendeta Olfi Magang-Mooy.

"Yang salah tetap saya tindak, tidak pandang bulu, kalau dia salah saya tidak akan biarkan, ini janji saya," tegas Aldinan dalam keterangannya pada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (1/4/2024).

Aldinan pun berterima kasih kepada para pendeta yang telah membantu menenangkan para jemaat yang hadir saat itu.

"Saya ketika mendapat laporan tersebut, langsung perintahkan Kabagops Kompol Oktovianus Wadu Ere, untuk segera ke lokasi kejadian dan mengamankan pelaku, serta membuat permohonan maaf kepada Ketua Majelis Jemaat Gereja GMIT Kota Kupang serta para pendeta, presbiter, juga kepada Jemaat Gereja GMIT Kota Kupang," sambung Aldinan.

Aldinan mengungkap bahwa mediasi telah dilakukan dan semua pihak sepakat untuk saling memaafkan.

"Saya sampaikan kepada bapak Ibu pendeta, bahwa pelaku (DH) sejak malam itu, sudah kami amankan di sel Polresta Kupang Kota, dan saya sudah perintahkan Kasie Propam Iptu Iqbal untuk lakukan pemeriksaan, karena sudah melanggar aturan disiplin dan kode etik sebagai anggota Polri," tegasnya.

Ketua Majelis GMIT Jemaat Kota Kupang Pendeta Olfi Magang-Mooy, berterima kasih kepada Kapolresta yang telah menindaklanjuti kejadian itu.

"Kami berharap ke depan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," kata Pendeta Olfi.

Pendeta Jesmarlianus R. Djo Naga, yang pada saat kejadian sedang memimpin ibadah perjamuan kudus, menyesalkan kejadian tersebut,

"Kami sangat sesali kejadian itu, dan kami meminta kepada bapak Kapolresta untuk menempatkan personel yang berintegritas, sehingga jemaat yang beribadah dapat menjalankannya dengan baik," harap Jesmarlianus.

Oknum polisi buat keributan

Sebelumnya diberitakan, Inspektur Polisi Satu (Iptu) DH, perwira polisi yang bertugas di Kepolisian Resor Kupang Kota, NTT, mabuk minuman keras dan berulah saat ibadah perjamuan kudus di Gereja GMIT Kota Kupang, Jumat (29/3/2024).

Akibatnya, perwira yang menjabat sebagai Kepala Seksi Hukum (Kasikum) Polresta Kupang Kota, menjalani hukuman disiplin internal.

"Anggota yang buat keributan itu sudah kita amankan dan disel. Dia melakukan pencemaran tata cara perjamuan kudus," kata Kepala Kepolisian Resor Kupang Kota, Komisaris Besar Polisi Aldinan RJH Manurung, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (30/3/2024).

Aldinan menjelaskan, awalnya Iptu DH bertugas sebagai perwira pengamanan Operasi Semana Santa 2024 di Gereja GMIT Kota Kupang.

Saat digelar perjamuan kudus, DH yang beragama Kristen, juga mengikuti ibadah tersebut.

Pada saat akan digelar prosesi perjamuan kudus, para pelayan gereja membagikan roti dan anggur.

Ketika gilirannya, DH mengambil roti dan anggur sebanyak dua kali dan langsung makan tanpa diberkati oleh pendeta.

Melihat itu, majelis gereja sempat menegur DH. Namun DH sempat tersinggung sehingga terjadi adu mulut.

Petugas kepolisian lainnya kemudian masuk ke dalam gereja dan melerai percekcokan itu dan mengamankan DH.  DH diketahui dalam kondisi mabuk minuman keras.

https://regional.kompas.com/read/2024/04/01/153439878/iptu-dh-mabuk-dan-bikin-onar-saat-perjamuan-kudus-kapolresta-kupang-temui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke